PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN)

Pejuang kesehatan desa Galuh
Pejuang kesehatan desa Galuh
Pejuang kesehatan desa Galuh
Pejuang kesehatan desa Galuh
Pejuang kesehatan sedang melakukan aksinya
Pejuang kesehatan sedang melakukan aksinya

Program pemerintah dalam bidang kesehatan salah satunya adalah program penanggulangan demam berdarah dengue dan dengan melakukan pembrantasan sarang nyamuk Aedes Aegpty yang dinyatakan membawa virus dengue, yang saat ini penyakit demam berdarah yang banyak terjadi dimana-mana. Bahkan dilingkungan kita sekalipun bisa terjadi kalau kita tidak segera melakukan dan pembersihan sarang nyamuk sampai dengan jentik jentiknya. Karena pengendalian yang bisa dilakukan untuk menanggulangi terjangkitnya penyakit tersebut adalah dengan pengendalian lingkungan baik secara biologis dan secara kimiawi. Segala upaya dilakukan supaya kasus demam berdarah bisa mengalami penurunan bahkan bisa juga tidak lagi ditemukan.
Dengan demikian para pejuang-pejuang kesehatan desa Galuh bekerja sama dengan Pemerintah Desa Galuh dan Kecamatan Bojongsari serta Polsek Bojongsari dan Koramil Kutasari Bojongsari, bersama- sama melakukan kegiatan Pembrantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada setiap hari Jum’at Minggu ke dua dan Hari Jum’at Minggu terakhir. Dan pada hari kemarin Jum’at tanggal 15 Februari 2019, di desa Galuh tepatnya di kadus 4 yaitu digrumbul Tanggeran RT. 11/06 dan Perumahan Mardhotillah RT. 12/06, para pejuang kesehetan desa Galuh melakukan kegiatan Pembrantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dihadiri oleh Camat Bojongsari Bapak Juli Atmadi, S.STP, Bapak Aipda Taofik Hidayat Bhabinkamtibmas Nrp. 77100828 (Desa Galuh) Polsek Bojongsari , Pemegang Program Perkesmas (PISPK) dari Puskesmas Bojongsari Ibu Titin, S.Kep, Ners Kades Desa Galuh Bapak Hidayat, Bidan desa Galuh Ibu Trisya Adriyanti, Amd,Keb, pendamping desa sehat mandiri desa Galuh Era octavianing Tyas, Amd.Keb. Ketua FKD desa Galuh dan Para ibu ibu kader pejuang kesehatan Desa Galuh.
Pada istirahat para pejuang kesehatan desa Galuh pun tak henti hentinya memikirkan bagaimana caranya supaya desa Galuh tercinta itu tidak ada yang terjangkit demam berdarah, bahkan dari PISPK ibu Titin, S.Kep,Ners diwaktu sante dengan para pejuang kesehatan desa Galuh menyampaikan “Kita harus lebih berhati hati sebab kasus demam berdarah diwilayah Kecamatan Bojongsari saat ini meningkat, dan mudah mudahan didesa Galuh tidak ada yang terjangkit, walaupun kemarin ada tetapi bisaa ditanggulangi sejak dini, berkat kesiap siagaan kita sebagai pejuang kesehatan desa Galuh, dan kegiatan PSN ini bukan hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Bojongsari tetapi juga dilakukan di wilayah kecamatan yang lain dikabupaten Purbalingga. Kemudian kepada para pejuang kesehatan dan ibu bidan dan pendamping desa sehat mandiri untuk menghimbau kepada para ibu RT dan Ibu RW dan PKK serta semua ibu rumah tangga, jika menanam bunga dipot, hendaknya sering diperhatikan dan amati, sebab kebanyakan jentik jentik nyamuk ditemukan dipot-pot, karena kurangnya perhatian saat disiram, ada air yang menggenang didaerah tersebut yang menyembabkan nyamuk bisa bertelur disitu. Dan juga kita jangan terlena pemberantasan hanya didalam rumah saja, tetapi diluar rumah seperti bekas minuman air yang berbentuk gelas itu juga bisa menjadi sarang nyamuk. Kegiatan ini adalah untuk kesehatan warga dan kita semua maka kita harus ikhlas, tetap kompak dan semangat jangan loyo.”
Kegiatan pejuangan kesehetan dalam melaksanakan PSN diantaranya :
1. Memeriksa kebersihan lingkungan serta tempat yang menjadikan tergenangnya air, sehingga menyebabkan terjadinya nyamuk bertelur didalamnya.
2. Memberikan penyuluhan kepada setiap keluarga yang dikunjungi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan selalu menjaga kesehatan serta waspada terhadap terjangkitnya demam berdarah.
3. Memberikan motifasi untuk selalu giat dan semangat dalam beraktivitas demi untuk kesehatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *